Jumat, 15 Agustus 2014

Silabus Bahasa Inggris SMP



1.           SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS


Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris

Kelas                              : VII

Kompetensi Inti            :

KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.






2.1         Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2        Menunjukkan Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3        Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.





3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan untuk  sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf

Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.  Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b. Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c.  Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d. I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

Mengamati
·      Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
·      Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·      Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan merminta maaf dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
MengKomunikasikan
·      Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dalam jurnal belajar sederhana
Kriteria Penilaian:
·    Tingkat ketercapaian fungsi sosial sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
·    Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
·    Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
·    Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·    Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam  ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya
Observasi: 
Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf ketika muncul kesempatan.
·    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·     Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi

Penilaian diri:
Bentuk: jurnal belajar













 
  12 JP

·   Model ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar, tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
·   Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·   Contoh interaksi tertulis
·   Contoh teks tertulis
·  Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
·  Teks dari buku non-teks
·  Sumber dari internet, seperti:



































































































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar