1. SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukkan Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
|
|
|
|
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1.
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan untuk sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Good
morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b. Goodbye.
Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c. Thank
you. You are welcome., dan
semacamnya
d. I’m
sorry. That’s fine, okay. Allright.,
dan semacamnya
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata
bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama
proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
· Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
· Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan merminta maaf
dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf yang telah dipelajari dengan yang ada
di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan
dalam bahasa siswa.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
MengKomunikasikan
· Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan
meminta maaf dalam jurnal belajar sederhana
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
· Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
· Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf.
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur
teks dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf
serta responnya
Observasi:
Penilaian
untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf ketika muncul
kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di
setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan
komunikasi
Penilaian diri:
Bentuk: jurnal
belajar
|
12 JP
|
· Model ucapan dan tindakan guru menggunakan
setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar, tepat,
dan dengan sikap yang sesuai.
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
· Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
· Teks dari buku non-teks
· Sumber dari internet, seperti:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar