Jumat, 15 Agustus 2014

Important to Use Media



SELAMA ini, guru hanya datang lalu menyuruh siswa untuk membuka buku dan menerangkan materi. Tidak ada sesuatu yang menarik. Itulah yang akan membuat siswa tidak kerasan di dalam kelas. Mereka merasakan kejenuhan sehingga tidak mampu menangkap materi. Maka dari itu, seorang guru harus berfikir bagaimana menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.

Media merupakan salah satu bentuk alat untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Media mampu menyalurkan pesan serta merangsang perasaan dan kemauan siswa sehingga ada mendorong terjadinya proses belajar pada setiap siswa. Akan tetapi penggunaan media setidaknya dikemas sekreatif mungkin oleh seorang guru. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Salah satu media yang dapat digunakan guru adalah yang bersifat visual. Fungsinya, menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran. Karena itulah penggunaannya harus disesuaikan dan berkaitan dengan materi pelajaran yang akan diberikan.

Guru dapat dengan mudah memanfaatkan media gambar atau animasi. Cara sederhana, guru mencari gambar yang sesuai materi pelajaran di internet, mengunduhnya, kemudian mencetaknya. Gambar berwarna dapat memfokuskan pandangan dan mengarahkan perhatian para siswa kepada pelajaran yang akan mereka terima. Hal ini berdampak positif dalam pengaruh terhadap penguasaan materi pelajaran yang lebih baik oleh siswa.

Seperti ketika guru mengajarkan tentang vocabulary, guru dapat menggunakan flash card. 
Seperti contoh sebagai berikut materi tentang piblic buliding : 




 Menarik bukan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar