Jumat, 15 Agustus 2014

Rpp (Ungkapan Sapaan, Perkenalan Diri, dan Pamitan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester          : VII/Satu
Materi Pokok             :  Ungkapan Sapaan, Perkenalan Diri, dan Pamitan
Alokasi Waktu          : 2 pertemuan (4 JP)
           
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.




3










4






2.1




3.1










4.1





Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.





Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

2.1.1     Menyapa guru dan teman dengan santun



3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan sapaan dan pamitan dan responnya
3.1.2 Mengidentifikasi struktur teks pada ungkapan sapaan dan pamitan,  serta responnya 
3.1.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan dan pamitan, serta responnya

4.1.1 Melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan

C.       Tujuan Pembelajaran  
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.1.1.1

2.1.1.1

3.1.1.1
3.1.1.2

3.1.2.1

3.1.3.1

3.1.3.2

4.1.1.1
4.1.1.2
4.1.1.3
mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris;
menyapa guru dan teman dengan santun dalam setiap komunikasi interpersonal pembelajaran;
mengidentifikasi ungkapan sapaan dan pamitan;
mengidentifikasi fungsi sosial teks interpersonal yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan;
mengidentifikasi struktur teks interpersonal yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan;
melafalkan ungkapan sapaan, pamitan, dan ucapan terima kasih dengan intonasi yang benar;
menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam ungkapan ungkapan sapaan dan pamitan;
menjawab ungkapan sapaan dan pamitan dengan tepat;
menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan;
melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan sesuai dengan konteksnya;



D.      Materi Pembelajaran 
 Fungsi Sosial       :   
Menyapa dan berpamitan
Struktur Teks       :   
·         Opening
·         Content/Sustaining
·         Closing

Unsur Kebahasaan: 
·         Ungkapan sapaan dan responnya (Hello, Hi, Good morning?,dsb)
·         Ungkapan pamitan dan responnya (Goodbye, Bye,See you, dsb)
·         Bentuk pendek (I’m,You’re, What’s, dsb)
·         Makna kata/frasa/kalimat yang berkaitan dengan ungkapan sapaan dan pamitan, dan (morning, very well, see you later, dsb)
·         Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
  
E.        Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Pendekatan Komunikatif

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
Video dan gambar

2.    Alat/Bahan
Komputer & LCD

3.    SumberBelajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Inggris When English Rings the Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (hal ...)
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.         Pertemuan Kesatu

a.        Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
5)      Guru menayangkan lagu berbahasa Inggris  untuk memotivasi  belajar  peserta didik.
6)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)        Peserta didik menyaksikan atau mendengarkan video tentang perkenalan diri dengan merespon/jawaban sapaan.
2)        Peserta didik menyaksikan/mendengarkan percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan sapaan dan berpamitan.
3)        Peserta didik melihat gambar tentang perkenalan diri dengan merespon/jawaban sapaan.

Menanya
1)         Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam teks yang telah disaksikan atau diperdengarkan.
2)        Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyapa dan merespon sapaan.
3)        Dengan bimbingan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana berpamitan dan merespon pamitan.

Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
4)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks dari video tentang percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
5)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks dari dua percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
6)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari video tentang percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
7)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari 2 percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
8)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari video tentang percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
9)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari dua percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
10)  Peserta didik menemukan ungkapaan sapaan dan responnya yang terdapat dalam video tentang percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
11)  Peserta didik menemukan ungkapaan sapaan dan responnya yang terdapat dalam dua percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
12)  Peserta didik menemukan ungkapan pamitan dan responnya yang terdapat video tentang percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.
13)  Peserta didik menemukan ungkapan pamitan dan responnya yang terdapat dalam dua percakapan yang diperdengarkan/disaksikan.

Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
14)  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 pasangan, peserta didik saling membandingkan jawaban mereka pada kegiatan sebelumnya (4 – 13).
15)  Guru memonitor kegiatan peserta didik.

Mengomunikasikan
16)  Setiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan temuan mereka tentang  pertanyaan-pertanyaan dan jawaban pada kegiatan 4-13.
17)  Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks).

c.    Penutup
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


2.              Pertemuan kedua
a.   Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
5)      Guru menayangkan gambar-gambar ilmuwan internasional dan bertanya tentang karya mereka untuk memotivasi belajar peserta didik.
6)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

Kegiatan inti (60 menit)
Mencipta
9)      Secara berpasangan peserta didik melakukan percakapan dengan menggunakan kata-kata kunci yang terdapat dalam flashcard.
10)  Dengan menggunakan flashcard yang sama peserta didik bertukar peran dalam percakapan.
11)  Secara berpasangan peserta didik melakukan percakapan dengan menggunakan kartu situasi yang disediakan.
Penutup
1)            Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)            Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)             Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.




 I. Penilaian
1.         Sikap spiritual dan sosial

a.         Jenis/Teknik Penilaian  : Non tes
b.         Bentuk Instrumen                : Lembarpengamatan
c.         Kisi-kisi                                 :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris

Lampiran 1
2.
Santun
d.        Instrumen: lihat Lampiran 1
e.         Pedoman Penskoran:

2.         Pengetahuan
a.        Teknik Penilaian     : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen   : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Diperdengarkan teks lisan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1
  1.  
Diperdengarkan teks lisan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menentukan struktur teks dengan benar.
Soal No. 2
  1.  
Diperdengarkan teks lisan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan, peserta didik dapat menentukan unsur kebahasaan dengan benar.
Soal No. 3 – 5

d.         Instrumen: lihat Lampiran 2

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


3.         Keterampilan
a.        Teknik Penilaian           : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen         : Tes Keterampilan Berbicara
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan 2 kartu situasi yang berbeda (A1 & B2 atau A2 & B1) untuk masing-masing peserta didik, dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik dapat melakukan percakapan yang melibatkan ungkapan sapaan dan pamitan dengan lancar, runtut dan berterima secara berpasangan
Soal No. 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran 3.

e.         Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

f.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


                                                                                                ..........., .............................. 2013  Mengetahui                                                                     
Kepala SMP                                                                                        Guru Mata Pelajaran

________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                                NIP. ...

1 komentar: